SELAMAT DATANGhttp://sumberdakwahanda.blogspot.com salam kenal ya dari kami...,apakah nukum sholat di belakang shaf ? ? liat saja hanya di http://sumberdakwahanda.blogspot.com/.Blog tentang hal-hal yang terbesar,dan terdahsyat di jagad raya ini.

Anda adalah pengunjung yang ke:

mediadakwahanda.blogspot.com.

ISLAMIC CENTER BLOG ( MEDIA BLOG ISLAM )
AGAMA ADALAH TIANG HIDUP SEKALIGUS NASIHAT

Sabtu, 01 Januari 2011

mengapa di sebut laut mati ??

Laut Mati adalah daratan terendah di muka Bumi, oleh karenanya, air Laut Mati tidak bisa mengalir kemana-mana. Ingat sifat air kan, yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah.
Nah, karena posisinya tersebut, setiap harinya sekitar tujuh juta ton air di Laut Mati menguap, menyebabkan tiap hari air laut ini bertambah asin.

Kadar garam air Laut Mati sekitar 30 % lebih tinggi daripada kadar garam air laut biasanya yang sekitar 3,5 %. Artinya, di Laut Mati sekitar sembilan kali lebih asin dibandingkan dengan air laut biasa. Sedangkan kadar garam tubuh kita hanya 1 - 2 %. Tidak heran, kita akan terapung ketika berenang di Laut Mati.


Laut Mati (nama Ibraninya : Bahr Lut, Laut Lot, atau : Yam Ha Melah, Laut Garam) terletak 392 m di bawah permukaan Laut Tengah. Tempat yang paling dalam di laut ini mencapai 400 m. Dengan demikian, bagiannya yang paling dalam di laut ini mencapai 800 m di bawah permukaan Laut Tengah, dan merupakan titik terendah di permukaan bumi. Panjang laut ini 76 km, lebarnya 16 km. Di sebelah tenggara, Laut Mati dibagi dua oleh suatu semenanjung yang bernama Lisan (=lidah) sehingga masing-masing bagiannya tidak sama besarnya. Bagian lebih kecil, di sebelah selatan merupakan semacam danau garam sedalam 6-8 m. Diduga bahwa di bagian danau itulah dulu terletak Lembah Sidim, ketika Sodom dan Gomora dibakar dengan api dari langit. (bdk. Kej 14:3; 19:24-28). Ciri paling khas dari Laut Mati ini adalah banyaknya kadar garam yang mencapai 24-26 %, tiga kali lebih banyak dari samudera pada umumnya. Air Laut Mati menyimpan banyak mineral, antara lain magnesium klorida, kalsium klorida, magnesium bromida, sodium dan potasium. Semua mineral itu menjadi bahan industri kimia setempat yang berkembang dengan baik, dan umumnya dijadikan bahan pembuatan kosmetik yang sangat baik kualitasnya. Lumpur hitam yang dihasilkan oleh laut ini berkhasiat menyembuhkan penyakit, khususnya penyakit kulit dan otot. Karena konsentrasi garamnya sangat tingi, di dalam Laut Mati tidak mungkin ada kehidupan organis di dalamnya. Ikan yang terbawa ke dalamnya, langsung mati. Tidak ada ikan, tidak ada burung yang mencari ikan, tidak ada rumput laut dan lainnya. Paling tidak sampai saat penglihatan Nabi Yeheskiel terpenuhi dan air yang memberi hidup mengalir dari Bait Allah di Jerusalem sampai ke Ein Gedi untuk menawarkan Laut Mati (Yeheskiel 47 : 1-10). Dari sebelah timur, laut ini dikelilingi oleh gunung-gunung tinggi dengan Gunung Moab yang menjadi puncaknya yang tertinggi. Di sebelah barat, Laut Mati diapit oleh Gurun Yudea. Kini permukaan laut mati semakin menurun, terutama karena aliran air masuk dari Sungai Jordan banyak digunakan untuk kepentingan irigasi, sehingga deposit air yang masuk ke dalam Laut Mati pun berkurang. Karena berat jenis air Laut Mati rata-rata mencapai 1.119, maka manusia yang memiliki berat jenis lebih rendah tidak dapat tenggelam di dalamnya, malah justru mengambang.

Quote:
Kenapa Disebut Laut Mati gan ?

Laut ini diberi nama Laut Mati karena orang menyangka bahwa tidak ada makhluk yang bisa hidup di tempat ini. Padahal, sebenarnya laut ini tidak benar-benar mati; mikroorganisme bisa hidup disini. Ikan dan tumbuhan memang tidak bisa hidup di laut ini karena perairannya mengandung kadar garam yang sangat tinggi.

Sejarah Singkat Laut Mati

Banyak literatur sejarah mengenai Laut Mati ini, terutama bila di kaitkan dengan sejarah beberapa agama besar dunia (Islam, Kristen dan Yahudi). Laut Mati ini berkaitan erat dengan kisah Nabi Lut As (Lot), dimana saat itu Ia sedang mengemban misi dari Tuhan untuk menyadarkan bangsanya (Sodom dan Gomorah) dari perbuatan maksiat yang melampaui batas (Homoseks). Petunjuk yang di bawa Nabi Lut tidak mereka idahkan sama sekali, sehingga kemudian Tuhan meminta Nabi Lut untuk pergi meninggalkan kota tersebut sebelum kemudian Tuhan menurunkan bencana dan merubah daerah tersebut menjadi apa yang sekarang kita kenal dengan Laut Mati.

Tidak akan tenggelam

Pada umumnya, setiap orang yang tercebur ke laut hampir dapat dipastikan akan tenggelam, apalagi jika tak bisa berenang. Tapi percayakah anda bahwa di Laut Mati anda tak akan pernah tenggelam, bahkan disana anda bisa mengapung di laut sambil baca koran. Kekuasaan Tuhan memang seringkali diluar jangkauan alam pikiran manusia, tapi apapun bisa terjadi bila Tuhan menghendakinya. Laut Mati memiliki daya apung yang tinggi karena mengandung kadar garam yang sangat tinggi. Menurut beberapa penelitian, dikatakan bahwa kadar garam di Laut Mati sebanding dengan 9 kali kadar garam di air laut biasa. Selain garam, air Laut Mati ini mengandung banyak Kalium, Magnesium dan Bromium.

Secara geografis, Laut Mati terletak di ujung selatan lembah Yordania. Wilayahnya terbagi dua, sebagian milik Yordania dan sebagian lagi milik Israel. Sebagai tanda perbatasan, dibeberapa tempat laut dipasang kawat berduri dan pada daerah ini pengunjung dilarang mandi.

Titik Terendah di Dunia

Laut Mati merupakan titik terendah di dunia, letaknya 407,5 meter dibawah permukaan laut. Sebenarnya, Laut Mati bukanlah laut. Ia adalah danau yang dikelilingi daratan Israel dan Yordania. Laut Mati juga merupakan muara dari Sungai Jordan. Sungai ini mengalir dari Danau Tiberias menerobos Lembah Jordan, dan akhirnya masuk ke Laut Mati.

Mengandung Lumpur Mineral Untuk Kesehatan karena mengandung khasiat tertentu untuk kesehatan, banyak orang yang sengaja mandi untuk menyembuhkan macam-macam penyakit kulit. Lumpur dan macam-macam mineral dari Laut Mati ini juga banyak digarap menjadi bahan kosmetika. Bahkan, disana terdapat salah satu pabrik kosmetika besar Israel yang melulu membuat bahan-bahan kosmetik dari mineral yang terkandung di dalam Laut Mati.

Untuk para wisatawan, terdapat banyak hotel-hotel besar yang siap melayani pengunjung. Kebanyakan wisatawan berkunjung ke sini untuk mandi dan mengunjungi Masada yang merupakan benteng terakhir pertahanan bangsa Yahudi melawan kekaisaran Romawi.

Keindahan Laut Mati

Selain berkhasiat, konon kabarnya Laut Mati juga memiliki keindahan tersendiri. Air biru kehijau-hijauan yang amat tenang dan bongkah-bongkah garam yang bagaikan unggukan kristal membuat pemandangan menjadi sangat istimewa. Di tepi Laut Mati ini kita bisa menyerok garam yang putih bersih, yang dapat dipakai sebagai garam dapur. Kadar garam yang sangat tinggi di Laut Mati ini juga mempengaruhi kadar garam di udara.

Tidak ada komentar:

Artikel populer