SELAMAT DATANGhttp://sumberdakwahanda.blogspot.com salam kenal ya dari kami...,apakah nukum sholat di belakang shaf ? ? liat saja hanya di http://sumberdakwahanda.blogspot.com/.Blog tentang hal-hal yang terbesar,dan terdahsyat di jagad raya ini.

Anda adalah pengunjung yang ke:

mediadakwahanda.blogspot.com.

ISLAMIC CENTER BLOG ( MEDIA BLOG ISLAM )
AGAMA ADALAH TIANG HIDUP SEKALIGUS NASIHAT

Senin, 27 Juni 2011

Tragedi mandor berdarah


 oleh : koleksi-fitra
         : fitra ramadhani.

Pada hari selasa, tanggal 28 juni tahun 2011.Hampir seluruh rumah dan kantor-kantor di provinsi Kal-bar memasang bendera setengah tiang.Ada apa?
siapakah yang meninggal?.Tidak ada yang meninggal pada hari tersebut.Yang ada adalah mayarakat kal-bar pada hari tersebut memperingati hari berkabung daerah.Hari berkabung daerah?.Ya, pada hari tersebut masyarakat kal-bar memperingati peristiwa yang kelam bagi bangsa Indonesia.Peristiwa tersebut adalah peristiwa tragedi mandor.
Pada peristiwa tersebut,sekitar 21.037 masyarakat di daerah tersebut tewas di bantai kaum tentara Jepang.

Kalbar menetapkan hari berkabung tersebut pada setiap tanggal 28 juni karena pada tanggal tersebut peristiwa tersebut terjadi.Lahirnya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2007 tentang Peristiwa Mandor pada 28 Juni Sebagai Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat melalui paripurna DPRD Kalimantan Barat merupakan bentuk kepedulian sekaligus apresiasi dari DPRD terhadap perjuangan pergerakan nasional yang terjadi di Mandor.

Awal terjadi peristiwa
Peristiwa mandor adalah sebuah peristiwa masa kelam yang pernah terjadi di kalimantan barat, peristiwa ini terjadi pada tahun 1943-1944 di daerah Mandor kabupaten landak Tak sedikit kaum cerdik pandai, cendikiawan, para raja, sultan, tokoh masyarakat maupun pejuang lainnya gugur sebagai kesuma bangsa atas kebiadaban Jepang kala itu. Menurut sejarah hampir terdapat 21.037 jumlah pembantaian yang di bunuh oleh Jepang, namun jepang menolaknya dan menganggap hanya 1.000 korban saja.

Zaman pendudukan Jepang lebih menyeramkan daripada masa pendudukan Belanda. Peristiwa mandor terjadi akibat ketidaksukaan penjajah Jepang terhadap para pemberontak. Karena ketika itu Jepang ingin menguasai seluruh kekayaan yang ada di Bumi Kalimantan Barat. Sebelum terjadi peristiwa mandor terjadilah peristiwa cap kapak dimana kala itu pemerintah Jepang mendobrak pintu - pintu rumah rakyat (Tionghoa, Melayu, Maupun Dayak) mereka tidak ingin terjadi pemberontak-pemberontak terdapat di kalimantan barat. Meskipun demikian ternyata menurut sejarah yang dibantai bukan hanya kaum cendekiawan maupun feodal namun juga rakyat-rakyat jelata yang tidak tahu apa-apa. Tidak diketahui apakah karena tentara Jepang memang bodoh atau apa, kala itu pisau dilarang oleh penjajah Jepang. Jepang memang telah menyusun rencana genosida untuk memberangus semangat perlawanan rakyat Kalbar kala itu. Sebuah harian Jepang Borneo Shinbun, koran yang terbit pada masa itu mengungkap rencana tentara negeri samurai itu untuk membungkam kelompok pembangkang kebijakan politik perang Jepang. Tanggal 28 Juni diyakini sebagai hari pengeksekusian ribuan tokoh-tokoh penting masyarakat pada masa itu.

Secara garis besar yang menjadi korban keganasan Jepang kala itu adalah a. Sultan - sultan Pontianak b. Muhhamad Alqadrie (74) c. Pangeran Adipati (31) d. Pangeran Agung (26) e. JE Patiasina (51), f. Ng Nyiap Sun (40), g. Lumban Pea (43).

Siapa yang bertanggung Jawab ?
Banyak yang menyalahkan Syuutizitiyo Minseibu

Alasan Jepang Melakukan Pembantaian
Sebenarnya pembantaian yang dilakukan Jepang di Kalimantan Barat tersebut memang mempunyai suatu maksud. Kalimantan Barat sendiri mempunyai lokasi yang strategis dan hanya mempunyai penduduk sekitar satu setengah juta jiwa. Selain itu Kalimantan Barat sendiri mempunyai wilayah yang sangat luas yaitu satu setengah kali luas pulau Jawa ditambah Madura dan Bali. Kalimantan sendiri pada waktu itu akan dijadikan seperti Manchuria dan Korea kedua.

Pada waktu itu di Kalimantan Barat, semua orang yang berumur dua belas tahun ke atas semuanya akan dibunuh habis. Generasi sisanya sampai kanak-kanak akan dididik dengan ala Jepang ditambah dengan orang-orang jepang yang akan didatangkan nantinya sebagai transmigrasi. Maka jadilah Kalimantan barat lima puluh tahun mendatang sebagai “ Jepang beneran” dan itu merupakan rencana militer Jepang. Itulah sebabnya mengapa banyak kaum intelektual yang dibunuh pada saat pembantaian di kota Mandor tersebut.

Makam Mandor


 makam juang mandor
Spoiler for Salah Satu Makam Juang Mandor:
Menempati areal seluas 3 ha yang ditumbuhi oleh pepohonan yang alami bahkan pohon tengkawang yang kini melindungi itu pun banyak terdapat di sana. Di kompleks makam ini terdapat 10 buah kuburan massal, yang masing-masing berukuran 5 X 15 meter dan 7 X 35 meter. Kemudian terdapat pula bekas tempat pembunuhan massal berupa lapangan terbuka yang berukuran 25 X 50 meter.

Tidak ada komentar:

Artikel populer